5 Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah

Saturday, July 4th, 2015 - Gigi & Mulut, Gusi

Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah – Suatu saat kamu sedang menggosok atau menyikat gigi, kemudian kamu melihat merah merah pada gigi kamu yang bercampur dengan busa pasta gigi. Merah merah tersebut merupakan darah yang berasal dari gusi kamu? Apa reaksi yang kamu lakukan? Kaget panik, biasa aja dan menyepelekan karena tidak merasa sakit?

Ya memang meskipun mengeluarkan darah dan tidak terasa sakit, kita menjadikan masalah ini sebagai hal yang sepele. Padalah gusi berdarah dapat mengakibatkan masalah yang serius jika di diamkan begitu saja seperti terserang penyakit Gingivitis dan Perionditis. Gingivitis merupakan masalah yang berbahaya disebabkan karena terjadinya penumpukan sisa sisa makanan akibat kurang bersih dalam menggosok gigi yang terdapat pada sela sela gigi kita. Sedangkan penyakit Perionditis adalah masalah dimana terjadinya pembusukan pada gigi.

5 Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah

5 Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah

Sesuai dengan keterangan tersebut bahwa gusi berdarah harus diperhatikan dan jangan sampai menyepelekannya agar tidak terserang penyakit penyakit berbahaya. Untuk itu di blog BahanAlami.Com akan membagikan informasi tentang apa saja penyebab terjadinya gusi berdarah dan cara mencegah agar tidak mengalami gusi berdarah. Silahkan simak informasinya dibawah ini.

Penyebab Terjadinya Gusi Berdarah

1. Kebersihan Mulut & Gusi

Gusi berdarah terjadi karena kita tidak memperhatikan kebersihan dalam mulut, seperti kebersihan gigi dan gusi. Apabila kita asal asalan dan malas dalam menyikat gigi, akan mengakibatkan terjadinya masalah yang menjijikan seperti timbulnya plak, tartar dan karang gigi (kalkulus) yang disebabkan dari sisa sisa makanan pada gigi kamu. Hal ini akan mengakibatkan peradangan dan iritasi pada gusi kamu, peradangan dan iritasi ini dapat menyebabkan gusi menjadi lebih mudah berdarah dan membuat gusi menjadi bengkak.

2. Cara Menyikat Gigi

Penyebab selanjutnya yaitu akibat terlalu bersemangat dalam menyikat gigi. Menggosok gigi dengan cara yang kasar atau keras dapat menyebabkan gusi menjadi trauma sehingga mengeluarkan darah. Selain itu penggunaan sikat gigi dengan bulu yang tidak halus juga dapat menimbulkan gusi berdarah maupun bengkak. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali (setelah terjadi perubahan pada bulu sikat gigi).

3. Gigi Tidak Beraturan

Apabila kamu mempunyai gigi yang miring atau gigi yang tidak berada pada posisinya juga dapat menyebabkan gusi berdarah. Hal ini terjadi karena sisa sisa makanan mudah terjebak di sela sela gigi yang miring dan akan sulit untuk dibersihkan (biasanya pada gigi graham paling belakang) dan harus segera diatasi.

4. Kekurangan Vitamin

Seseorang yang jarang dan malas sekali dalam mengkonsumsi buah buahan maupun sayuran maka tubuh yang dimilikinya dapat kekurangan berbagai vitamin seperti vitamin C dan vitamin K. Apabila kamu kekurangan asupan kedua vitamin tersebut maka akan menyebabkan gusi kamu mudah berdarah, bibir pecah atau kering, dan masalah mulut lainnya.

5. Mengalami Penyakit Gingivitis & Periodontal

Seperti yang saya jelaskan pada paragraf kedua bahwa apabila kita tidak menjaga kesehatan gigi dan gusi akan berakibat fatal mengalami kedua penyakit ini. Gingivitis terjadi karena radang gusi akibat menumpuknya sisa sisa makanan sedangkan Periodontal adalah penyakit radang gusi yang tidak cepat ditangani (penyakit serius). Kedua penyakit ini terjadi dengan memunculkan gejala seperti gusi bengkak dan gusi berdarah.

Cara Mencegah Gusi Bedarah

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Upaya yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari masalah gusi berdarah yaitu dengan cara menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan memakai obat kumur. Kamu bisa menggosok gigi dengan cara yang benar sesuai dengan prosedur nya dan dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari (pagi dan malam sebelum tidur). Selain itu gunakan benang gigi untuk membantu mengangkat sisa sisa makanan yang membandel pada sela sela gigi kamu. Jangan lupa untuk menggunakan obat kumur atau yang biasa disebut dengan mouthwash agar bakteri bakteri yang tertinggal setelah menyikat gigi bisa bersih dan mulut terasa lebih segar.

2. Mengkonsumsi Air Putih

Air putih mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan gigi gusi dan mulut. Dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak dan berskala (minimal 8 gelas sehari) dapat membantu menghilangkan bakteri pada mulut dan mejadikan pertahanan agar gusi tidak berdarah.

3. Menghindari Makanan Bergula

Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, makanan yang mengandung gula berlebih dapat memicu terjadinya gusi berdarah. Hal ini terjadi karena makanan yang manis atau dengan kadar gula yang banyak bisa memicu kebusukan gigi karena bakteri dari makanan tersebut mudah membusuk.

4. Menggunakan Sikat Gigi Listrik

Sikat gigi listrik dirasa lebih efektif dalam membersihkan gigi dan mulut kita, karena sikat gigi listrik ini bisa mengkontrol tekanan yang sesuai agar gusi kita tidak berdarah. Alat ini juga mampu membersihkan kotoran secara menyeluruh dan memberikan pijatan pada gusi kita yang mampu memperlancar peredarah darah.

5. Memeriksa Kesehatan Gigi

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu dengan memeriksa keadaaan kesehatan gigi, gusi dan mulut kamu kepada konsultan atau dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini mungkin sangat penting untuk dilakukan agar kita bisa mengetahui apa saja masalah yang terdapat pada gigi, gusi dan mulut kita serta mendapatkan berbagai tips untuk menjaga kesehatan gigi.

Nah itulah informasi yang dapat saya bagikan mengenai apa saja penyebab dan cara mencegah gusi berdarah. Kamu perlu mempraktekannya dalam kehidupan sehari hari agar terhindar dari berbagai masalah atau penyakit yang serius yang siap menyerang kapan saja terhadap gigi dan gusi kamu.


Pictures gallery of 5 Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah

  • Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah
5 Penyebab dan Cara Mencegah Gusi Berdarah | Adiba Nisa Ardani | 4.5