ads

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Monday, June 29th, 2015 - Gigi & Mulut
ads

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar – Agar mempunyai penampilan yang sempurna di depan orang lain kita harus memperhatikan berbagai hal seperti memberikan senyuman yang manis dan bisa melelehkan hati lawan bicara kita. Supaya memiliki senyuman yang baik, kita juga harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan dari gigi kita. Salah satunya yaitu dengan menggosok gigi tanpa asal asalan.

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa menyikat gigi merupakan hal yang sepele, dan dalam menggosok gigi mereka pun sering asal asalan tidak sesuai dengan langkah yang baik dan benar. Apabila kita menyikat gigi dengan cara yang asal asalan, maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan gigi kita dan mendapatkan berbagai masalah gigi seperti sakit gigi, gusi berdarah, gigi kurang bersih, terdapat flak / plak pada gigi dan berbagai masalah gigi lainnya.

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Kali ini blog BahanAlami.com akan membagikan tips bagaimanakah cara menyikat gigi yang baik dan benar sesuai dengan prosedur yang ada agar kesehatan gigi serta kebersihan mulut kita terjaga, dan juga kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit atau masalah yang akan menyerang jika kita asal asalan dalam menggosok gigi.

Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

1. Gunakan Odol Secukupnya

Perlu kamu ketahui bahwa penggunaan pasta gigi yang baik dan benar dalam menyikat gigi yaitu dengan ukuran sebesar biji jagung. Karena jika kita menggunakan odol yang banyak dan berlebih akan mengakibatkan busa yang cukup banyak dalam mulut kita, sehingga kita merasa tidak nyaman dalam menggosok gigi dan ingin segera mengakhiri nya. Kalau kita menyikat gigi dengan cepat cepat maka hasil tidak maksimal bukan?

2. Berkumur

Setelah mempersiapkan sikat dan pasta gigi, tahap selanjut nya yang jangan sampai dilupakan yaitu berkumur. Berkumur dengan air yang bersih cukup sekali saja, kalau banyak bisa terkuras air yang ada di bak mandi. hehe. Dengan berkumur sebelum menggosok gigi akan membuatnya lebih efektif karena sisa makanan akan mudah hilang.

3. Menyikat Gigi dengan Arah yang Benar

Banyak orang yang menggosok giginya dengan cara yang asal asalan, arah sikat yang tidak teratur dapat mengakibatkan gusi bengkak dan sakit gigi. Cara menyikat gigi yang baik yaitu dengan arah vertikal atau dari atas kebawah. Dimulai dari bagian depan gigi di sikat dengan arah vertikal sebanyak 8 kali, untuk gigi bagian belakang (yang beradapan dengan pipi) di sikat dengan cara memutar sebanyak 8 kali, dan pada gigi geraham di gosok dengan cara maju mundur sebanyak 8 kali. Hal ini agar memaksimalkan hasil tanpa meninggalkan sisa makanan pada gigi kita, dan ingat lakukan cara ini dengan pelan dan lembut agar tidak merusak gusi.

4. Menyikat Lidah Agar tidak Bau Mulut

Menggosok gigi bukan hanya pada bagian gigi saja, melainkan seluruh organ yang ada di dalam mulut harus bersih termasuk lidah serta langit langit gigi. Karena bisa saja bakteri dapat tinggal pada dua bagian tersebut. Untuk cara nya yaitu dengan menyikat secara lembut dan perlahan, maka kebersihan gigi dan mulut kamu akan terjaga dari bau mulut yang menyengat.

5. Durasi Menggosok Gigi

Menyikat gigi dengan memperhatikan durasi waktunya, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kesehatan gigi pun bisa terjaga dari berbagai masalah. Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa menggosok gigi masing masing bagian sebanyak 8 kali, untuk durasi waktunya sekitar 12 hingga 13 detik per bagian yang di sikat.

6. Menggunakan Mouthwash Penyegar Mulut

Setelah menyikat gigi dan berkumur dengan air bersih, sangat dianjurkan untuk berkumur lagi dengan menggunakan mouthwash. Ini berfungsi untuk menghilangkan bakteri yang membandel dan tertinggal ketika menggosok gigi. Dengan memakai mouthwash, mulut kita akan terasa lebih segar karena mengandung flourida.

7. Mengganti Sikat Gigi Setelah 3 Bulan

Seperti halnya dengan makanan, sikat gigi pun juga mempunyai masa expired date yang baik digunakan sebelum tiga bulan. Dalam jangka waktu tersebut sikat gigi yang mengalami perubahan bentuk seperti warna bulu sikat yang berubah, bulu sikat sudah renggang, dan sebagainya maka kamu harus mengganti sikat gigi tersebut dengan yang baru. Toh harga sikat gigi tidak seberapa dibanding fungsinya untuk menjaga kesehatan gigi dan kebersihan mulut kita. Jangan lupa untuk memilih sikat gigi yang mempunyai bulu lembut, agar bisa menjangkau sela sela gigi dan tidak melukai gusi kamu.

Nah itulah 7 langkah cara menggosok gigi yang baik dan benar supaya kesehatan gigi kita lebih terjaga dari berbagai penyakit atau masalah pada gigi yang akan menyerang kapan saja. Lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?

Baca juga artikel lainnya mengenai : Penyakit serta Masalah Gigi dan Mulut


ads

Pictures gallery of Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

  • Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar
Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar | Adiba Nisa Ardani | 4.5