ads

Cara Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

Monday, November 9th, 2015 - Penyakit Lain
ads

Bahan Alami – Melanjutkan artikel sebelumnya yakni tentang cara yang tepat untuk mengatasi serta menangani diare. Alasan saya untuk membagi artikel mengenai “mencret” ini agar anda tahu cara pertama untuk menangani nya, kemudian cara pengobatan nya. Pada artikel ini saya akan memberikan bagaimana cara menyembuhkan diare dengan memanfaatkan bahan tradisional.

Cara Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

Cara Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

Bahan tradisional yang saya sebutkan disini sangat mudah ditemui, karena merupakan bahan yang sering terdapat di dalam rumah. Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum diare menjadi semakin parah. Langkah langkah nya pun cukup mudah untuk dilakukan, jadi sangat efektif dan efisien. Sebagai tambahan bahwa cara mengobati diare berikut bisa dilakukan untuk penderita dewasa, bagi anak anak atau bayi akan saya berikan keterangan. Yuk simak caranya di bawah ini.

Cara Cepat Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

  1. Menggunakan Oralit

Oralit merupakan obat diare yang bisa anda temui di apotik sekitar, bentuk dari obat ini adalah bubuk. Namun jika anda tidak sempat untuk membelinya ke apotik, anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan alami dari rumah. Siapkan satu gelas air hangat sebanyak 200ml (seukuran gelas belimbing), kemudian tambahkan dua sendok teh gula pasir dan campur dengan setengah sendok teh garam. Setelah itu aduk hingga rata dan sajikan kepada penderita diare. Untuk anda sendiri atau anak anda yang sedang mengalami diare.

– Bayi di bawah 1 tahun : Berikan 1 1/2 gelas setelah 3 jam diketahui diare. Lalu berikan lagi 1/2 gelas setelah si bayi buang air besar.

– Usia 1 sampai 4 tahun : Berikan 3 gelas setelah 3 jam diketahui diare. Lalu berikan lagi 1 gelas setelah si anak buang air besar.

– Usia 5 sampai 12 tahun : Berikan 6 gelas setelah 3 jam diketahui diare. Lalu berikan lagi 1 1/2 gelas setelah si anak buang air besar.

– Orang dewasa : Gunakan 12 gelas oralit setelah 3 jam diketahui diare. Lalu minum lagi 5 gelas setelah anda BAB.

  1. Menggunakan Daun Jambu

Ramuan alami yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan diare adalah dengan rebusan air daun jambu. Di dalam daun jambu terdapat senyawa yang bernama flavonoid dan berfungsi untuk mengurangi cairan pada fases (kotoran/tinja). Sehingga fases bisa kembali normal dan diare segera teratasi.

Siapkan 15 lembar daun jambu (sudah di cuci) dan setengah liter air bersih. Masukan daun jambu tersebut berserta air ke dalam panci lalu rebus dengan ditambahkan 1 sendok teh garam. Setelah mendidih sisakan setengah saja air rebusan daun jambu lalu minum sebanyak tiga kali sehari. Sisa setengah lainnya bisa anda minum untuk hari berikutnya hingga diare benar benar sembuh.

  1. Kulit Jeruk

Pada artikel yang sering bahan alami bahas tentang perawatan wajah, kulit jeruk memang sering berperan di dalamnya. Selain itu ternyata kulit jeruk yang masih segar juga bisa di manfaatkan untuk mengobati diare.

Pertama siapkan satu hingga dua buah jeruk (segar) lalu ambil kulitnya. Setelah itu rebus dengan setengah liter air dan gunakan air rebusan tersebut sebagai minuman herbal untuk mengatasi diare. Anda juga dapat menambahkan satu sendok madu agar rasa pahit dari kulit jeruk bisa hilang.

  1. Sereal

Dengan mengkonsumsi sereal ketika pagi hari bisa menghilangkan diare serta sakit perut (mulas) yang ditimbulkannya. Karena sereal terbuat dari tepung tapioka, sehingga lebih mudah untuk diserap oleh pencernaan kita. Obat alami nomor empat ini sangat cocok untuk anak anak yang masih kecil dan takut dengan obat obatan.

  1. Buah Salak

Buah yang kecil namun berduri ini ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan diare dengan cepat. Dengan mengkonsumsi salak dipercaya bisa membuat perut sembelit, jadi sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diare. Minimal 3 sampai dengan 5 buah salak setiap harinya bisa membuat fases yang kita keluarkan menjadi mengeras. Sehingga diare pun akan cepat hilang.

  1. Jambu Biji

Selain kulitnya yang bisa dipakai untuk membuat ramuan tradisional, ternyata buah nya pun juga bisa digunakan untuk mengobati mencret. Jika anda merasa repot untuk melakukan langkah membuat obat alami diatas, anda bisa memanfaatkan buah jambu biji ini tanpa harus diolah. Dengan mengkonsumsi jambu kluthuk minimal 3 buah perhari, akan mengurangi cairan yang terdapat pada feses. Sehingga feses menjadi padat dan tidak perlu BAB bolak balikĀ  setiap jam nya. Anda bisa mengkonsumsi jus jambu jika ingin menikmati nya dengan rasa yang enak.

  1. Sawo Muda

Buah yang memiliki rasa sepat seperti salak, jambu biji serta sawo memang ampuh untuk mengobati diare. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau membuatnya sebagai ramuan tradisional. Siapkan satu buah sawo muda yang sudah dihaluskan (bisa ditumbuk atau di blender) kemudian campurkan dengan satu gelas air hangat dan garam secukupnya. Lalu aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur rata dan minum selagi hangat. Jika masih hangat bisa menghilangkan rasa sakit perut serta mulas akibat diare.

  1. Yogurt

Bahan alami untuk menyembuhkan diare yang terakhir yaitu yogurt. Olahan susu yang sudah di fermentasi ini, menghasilkan bakteri yang baik bagi sistem pencernaan kita. Sehingga virus dan bakteri serta kuman penyebab diare bisa dibunuh dengan cepat. Selain itu yogurt juga mengandung kalsium yang cocok untuk tulang kita.

Nah itulah 8 daftar obat alami untuk mengatasi diare (mencret) dengan cepat. Bahan bahan diatas sudah saya pilih yang paling simpel, mudah dilakukan, mudah ditemukan serta ampuh untuk menghilangkan sakit perut atau mulas akibat diare. Jangan lupa untuk melalukan tips sehat pada artikel sebelum nya agar diare tidak datang kembali.


ads

Pictures gallery of Cara Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

  • Cara Menyembuhkan Diare dengan Bahan Tradisional
Cara Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional | Adiba Nisa Ardani | 4.5