Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil

Saturday, August 29th, 2015 - Ibu Hamil

Bahan Alami – Kesehatan Ibu hamil dan calon buah hati harus diperhatikan dengan baik, salah satunya yaitu dari segi makanan. Makanan merupakan faktor yang sangat penting bagi kehamilan, dengan memperhatikan nutrisi serta gizi yang terdapat pada makanan agar sang ibu fit dalam menjalani kehamilan dan si kecil pun lahir dengan sehat. Banyak sekali mitos tentang larangan apa saja yang harus di hindari oleh wanita hamil, mulai dari buah buahan dan makanan A – Z yang tidak boleh di konsumsi.

Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil

Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil

Wanita hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, wanita hamil harus menjadi ibu yang cerdas dan bisa memilih antara fakta dengan mitos. Saat umur kehamilan masih muda seorang wanita sangat sensitif terhadap berbagai hal, sehingga kita harus mewaspadai apa saja makanan serta buah buahan yang terbaik bagi ibu dan si bayi. Perkembangan sang bayi juga tergantung dengan apa yang kita makan, kita harus mengetahui makanan apa saja yang mempunyai nutrisi dan gizi cukup serta menyehatkan.

Baca selengkapnya : Buah yang dianjurkan bagi ibu hamil

Pada umumnya semua buah buah an itu sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Namun bagi seorang ibu hamil beberapa buah mempunyai kandungan zat zat yang bisa beresiko buruk bagi kehamilan. Di blog Bahan Alami ini saya akan membagikan informasi tentang apa saja makanan yang dilarang bagi ibu hamil, masa rentan yaitu pada usia kehamilan trimester pertama. Bisa saja hal hal buruk yang terjadi apabila kita sembarangan dalam mengkonsumsi makanan seperti keguguran, bayi lahir prematur, bayi lahir tidak sehat dan sebagainya.

Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil

  1. Sayur Mentah

Kita tahu bahwa sayuran yang dimasak tidak terlalu matang masih terkandung vitamin dan mineral yang masih banyak dibanding sayuran yang dimasak hingga matang. Apabila kamu seorang wanita yang sedang hamil, hindari makanan seperti lalapan. Bisa saja sayuran tersebut masih menyisakan pestisida. Jika masih ngotot ingin mengkonsumsi sayuran, sebelum dimasak harus di cuci terlebih dahulu. Pestisida atau bahan kimia yang masih tertinggal dalam sayuran dapat menyebabkan keguguran.

  1. Anggur

Buah anggur termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Anggur mempunyai sifat panas ketika dimakan, dan sifat ini sangat tidak baik bagi perkembangan janin. Anggur juga sering dibuat sebagai minuman beralkohol, dan seorang wanita yang sedang hamil wajib menjauhi makanan yang mengandung alkohol. Bagi kamu pecinta anggur, silahkan menghindari buah yang satu ini agar kehamilan sehat dan proses kelahiran lancar.

  1. Pepaya

Pepaya masuk dalam daftar makanan yang dilarang bagi Ibu hamil, lebih tepatnya yaitu pepaya muda. Karena pepaya yang belum terlalu matang terdapat getah yang dapat menyebabkan kontraksi pada dinding rahim. Apabila usia kehamilan sudah memasuki trimester akhir, kamu harus menjauhi buah yang berwarna hijau ini. Hal ini sudah diuji dengan melalakukan penelitian pada tikus hamil.

Namun untuk pepaya yang sudah matang masih boleh dikonsumsi dengan mencucinya terlebih dahulu dan kulit harus di kelupas dengan bersih. Karena pepaya yang sudah matang terkandung vitamin C, mineral serta serat yang mampu mencegah gejala hamil seperti mulas maupun sembeli. Pepaya yang di campur dengan madu & susu sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui.

  1. Nanas

Menurut mitos yang beredar di masyarakat, nanas termasuk buah yang wajib dihindari oleh ibu hamil. Hal ini memang benar, karena dalam buah nanas terkandung enzim bromelain yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim. Enzim protease bromelain ini sama dengan enzim papain yang terkandung dalam buah pepaya muda. Sehingga mengakibatkan keguguran pada usia hamil muda dan juga bayi lahir prematur (persalinan dini).

  1. Seafood

Makanan laut juga menjadi pantangan yang dilarang dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil. Kita tahu bahwa ikan mengandung omega 3 yang sangat baik bagi otak sang buah hati. Tetapi kita harus mewaspadai merkuri yang terdapat pada ikan laut, apa bila ingin mengkonsumsi ikan kita harus memilih ikan yang benar benar fresh/segar.

  1. Durian

Durian merupakan buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Dalam buah durian terkandung vitamin dan mineral, namun juga mempunyai sifat panas dalam perut jika dikonsumsi dengan berlebihan. Sama halnya dengan anggur, durian juga terkandung alkohol yang menyebabkan puyeng. Dan seorang wanita hamil wajib menjauhi hal hal yang berbau alkohol.

Yang terpenting bahwa dalam buah durian terdapat asam arachidonat yang akan melakukan pembentukan prostaglandin dan merangsang kontraksi pada rahim. Sehingga ibu hamil akan mengalami keguguran jika pada masa trimester pertama, ataupun menyebabkan bayi lahir prematur dan tidak sehat.

  1. Kepiting

Meskipun dalam kepiting terdapat kalsium yang sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi, namun apabila dikonsumsi oleh ibu hamil akan mengakibatkan rahim menyusut dan memicu terjadinya keguguran pada usia kehamilan muda.

  1. Delima

Delima termasuk dalam daftar buah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil selanjutnya. Apabila mengkonsumsi buah ini pada jumlah yang berlebihan akan menyebabkan kontraksi, dan juga biji dari buah delima ini sangat berbahaya bagi janin yang ada dalam rahim.

  1. Daging dan Telur

Kedua makanan ini bukannya harus dihindari oleh ibu hamil, tetapi jangan pernah mengkonsumsi daging dan telur dalam keadaan setengah matang. Apabila daging atau telur yang masih mentah dimakan oleh ibu hamil, dapat memicu keguguran. Untuk itu kita harus memasak keduanya hingga benar benar matang.

  1. Tape

Daftar makanan yang dilarang dikonsumsi yang terakhir adalah tape. Tape ini terbuat dari proses fermentasi singkong dengan ragi. Padahal segala makanan yang dibuat dengan proses fermentasi tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Terlebih tape juga mengadung alkohol.

Itulah 10 daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Kesimpulannya disini kita harus mencuci segala sesuatu sebelum dimasak, dan masaklah hingga matang. Makanan merupakan faktor yang cukup penting bagi kesehatan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam janin. Perhatikan hal yang satu ini, agar ibu tetap sehat dan bayi lahir selamat.


Pictures gallery of Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil

  • Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil
Makanan & Pantangan yang dilarang Ibu Hamil | Adiba Nisa Ardani | 4.5