ads

Penyebab, Gejala & Ciri Darah Rendah (Hipotensi)

Monday, October 5th, 2015 - Gejala
ads

Bahan Alami – Penyakit darah rendah atau yang bisa disebut dengan Hipotensi merupakan suatu penyakit yang diseebabkan oleh suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang dibawah garis normal . Penderita penyakit hipotensi biasanya memiki tekanan darah 90/60 mmHg, hal ini terlihat begitu rendah dibandingkan dengan tekanan darah normal yang mencapai 120/80 mmHg.

Penyebab, Gejala dan Ciri Ciri Darah Rendah

Penyebab, Gejala dan Ciri Ciri Darah Rendah

Namun pada kasus kasus tertentu yakni seseorang yang mempunyai tekanan darah  110/90 mmHg atau bahkan   100/80 mmHg masih merasa normal dan belum terjadi gejala tertentu, berbeda dengan seseorang yang tekanan darahnya mencapai titik rendah 90/60 mmHg yang biasanya ditandai dengan pusing, sering menguap bahkan pada kasus tertentu penderita penyakit tekanan darah rendah bisa saja pingsan. Apabila kondisi ini terus terjadi tentunya bukanlah masalah yang sepele sebab tekanan darah rendah bisa menyebabkan penderitanya mengalami kematian karena kekurangan oksigen sehingga organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal.

Gejala dan Penyebab Penyakit Darah Rendah

Hal penting yang harus dketahui apakah seseorang mengalami darah rendah adalah dengan melihat gejala gejala yang dialami tubuh, salah satu yang paling sering terjadi pada penderita tekanan darah rendah adalah pusing kepala serta ditambah pula dengan badan yang terasa begitu lemas bahkan terkadang gejala tekanan darah rendah menyerupai tanda tanda stress.

Untuk lebih jelasnya mengenai gejala gejala tekanan darah rendah berikut kami sajikan informasi mengenai gejala gejala pada penderita penyakit tekanan darah rendah  :

  1. Kecemasan
  2. Pusing
  3. Kelelahan / lemas
  4. Pengelihatan kabur
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri dada
  7. Keringat dingin
  8. Sering menguap
  9. Hingga pingsan

Untuk anda yang mengalami hal hal atau gejala seperti di atas kami sarankan anda memeriksa kesehatan tubuh anda sehingga dokter dapat mendiaknosis apakah anda terkena tekanan darah rendah atau tidak.

Diagnosis Tekanan Darah Rendah

Untuk mendiagnosis penderita penyakit darah rendah biasanya dokter melakukan berbagai macam tes untuk mendiaknoasa seseorang, yang diantaranya adalah :

  1. Tes tekanan darah
  2. Tes darah
  3. Elektrokardiogram (EKG)
  4. Ekokardiogram
  5. Tes stress

Sementara itu pepatah mengatakan tidak akan ada asap jikalau tidak ada api, maksudnya disini adalah tidak akan ada gejala apabila tidak ada penyebabnya. Penyebab penyakit darah rendah sendiri ada beberapa macam faktor , berikut kami sajikan penyebab penyakit darah rendah .

Penyebab penyakit darah rendah

Biasanya penyebab penyakit darah rendah adalah kondisi dimana kurangnya pemompaan darah dari jantung. Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung tiap menitnya atau ( Cardiac output, curah jantung) maka semakin tinggi pula tekanan darah sesoeorang . Pada kasus darah rendah tentunya salahsatunya disebabkan oleh kurangnya pemompaan darah dari jantung tiap menitnya.

Volume (Jumlah ) Darah berkurang . Biasanya penderita penyakit tekanan darah rendah memiliki jumlah darah yang kurang dibandingkan dengan seseorang yang normal. Hal ini dapat dimungkinkan oleh berbagai macam sebab yakni pendarahan hebat akibat kecelakaan, luka sobek atau bahkan haid yang berlebihan, diare yang tak segera diatasi , keringat berlebihan , hingga buang air kecil berlebihan.

Kapasitas pembuluh darah. Biasanya penderita penyakit tekanan darah rendah mngalami pelebaran pembuluh darah atau disebut dengan dilatasi sehingga menyebabkan menurunnya tekanan darah. Hal ini disebabkan karena syok septik, diare, pemaparan berlebihan oleh panas hingga obat obatan tertentu seperti vasodilator .

Hal diatas merupakan faktor internal atau di dalam tubuh yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit tekanan darah rendah sementara itu ada faktor lain penyebab tekanan darah rendah yang biasanya berkaitan dengan kebiasaan seseorang, berikut faktor lain penyebab tekanan darah rendah .

  1. Malnutrisi
  2. Mengkonsumsi suatu zat yang salah
  3. Kehilangan darah
  4. Perikarditis
  5. Pulmonary embolism
  6. Dehidrasi

Dalam kasus Hipotensi biasanya penderita diberikan beberapa jenis obat untuk mencegah serta menyembuhkan penyakit darah rendah biasanya obat tersebut adalah fludrocortisone, pyridostigmine, nonsteroidal anti inflammatory drugs (NSAIDs) caffeine dan eryhropoietin. Demikianlah artikel mengenai gejala dan penyebab penyakit darah renda semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


ads

Pictures gallery of Penyebab, Gejala & Ciri Darah Rendah (Hipotensi)

  • Penyebab, Gejala & Ciri Ciri Darah Rendah
Penyebab, Gejala & Ciri Darah Rendah (Hipotensi) | Adiba Nisa Ardani | 4.5