ads

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mencegahnya

Wednesday, September 30th, 2015 - Gigi & Mulut
ads

Bahan Alami – Sakit gigi merupakan masalah yang sangat menyebalkan, dan penyakit ini juga bisa menyerang anak anak yang disebabkan karena gigi berlubang. Kita harus mengetahui apa saja penyebab gigi berlubang atau keropos agar kita bisa mencegah dan mengatasinya. Jika gigi berlubang cuma didiamkan akan memicu datangnya sakit gigi hingga gigi patah/tanggal. Penyebab utama dari gigi berlubang adalah aktivitas bakteri.

Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Bagi anak anak yang masih kecil dan doyan makan makanan manis serta belum tahu akan kesadaran menjaga kesehatan gigi, pasti gampang memiliki gigi keropos atau yang dalam bahasa jawa disebut grupis. Hal ini yang menjadikan anak mudah terkena sakit gigi, kita tahu rasa sakit gigi itu gampang bikin kesel dan marah, lalu bagaimana dengan anak anak? Pasti gampang marah dan nangis selama seharian. Terlebih lagi jika si anak tidak mau di ajak ke dokter gigi karena alasan takut.

Bukan cuma anak anak saja yang memiliki gigi berlubang, orang dewasa pun juga demikian. Tapi orang dewasa jarang memiliki masalah gigi berlubang ini, sebab kita tahu bahwa menjaga kebersihan gigi itu penting, dan juga kita selalu melakukan aktivitas gosok gigi yang rutin setiap harinya dibanding dengan anak anak yang ngeyel tidak mau diajak sikat gigi.

Namun bagaimana dengan kamu yang sudah menggosok gigi secara rutin, namun memiliki gigi berlubang? Memang faktor utama dari gigi berlubang ialah bakteri, bakteri datang dari sisa makanan yang tidak dibersihkan pada sela sela gigi. Ternyata ada juga loh penyebab gigi berlubang selain jarang menggosok gigi, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Penyebab dan Cara Menghindari Gigi Berlubang

Cara Menyikat Gigi yang Tidak Sesuai

Apabila kamu sudah menggosok gigi secara rutin namun masih memiliki gigi berlubang maupun masalah mulut lainnya, pasti ada yang tidak beres. Coba bagaimana kah cara menyigat gigi kamu? Apa sudah benar? Cara menyikat gigi yang tepat ialah dengan arah dari atas kebawah dan juga sebaliknya. Pada gigi bagian dalam dengan arah memutar, dan durasi menggosok gigi yang baik adalah satu hingga dua menit. Cara menyikat gigi yang salah akan meninggalkan sisa makanan di sela sela gigi dan bakteri yang ada di sisa makanan akan menggerogoti gigi kamu sehingga keropos. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel tentang Cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Pemilihan Sikat Gigi yang Salah

Membersihkan gigi secara teratur sudah, menggosok gigi dengan cara yang benar juga sudah, tapi kok masih ada juga gigi yang berlubang? Sikat gigi yang tidak tepat juga memicu gigi yang keropos, gunakan sikat gigi yang mempunyai bulu yang lembut dan halus. Bulu sikat yang kasar akan menyebabkan lapisan email gigi menjadi terkikis, dan lama kelamaan lapisan gigi tengah akan terbuka. Sehingga gigi akan mudah berlubang dan memicu timbulnya sakit gigi. Untuk itu perhatikan 3 cara ini untuk mencegah gigi berlubang sebelum kamu mengalaminya.

Akibat Makanan yang Terlalu Manis

Pada masa anak anak makanan yang menjadi favorit ialah makanan yang mempunyai rasa manis, entah itu permen, es manis, arum manis dan sebagainya. Upaya melarang anak anak untuk tidak membeli jajan yang manis malah membuat para anak semakin penasaran karena rasa keingin tahuan mereka sangat tinggi, sehingga mereka tidak mematuhi apa yang dikatakan orang tuanya. Di masa mendatang, kebiasaan buruk ini akan menjadi masalah gigi berlubang atau pun rusak dan grupis.

Kandungan gula yang ada dalam makanan maupun minuman akan difermentasi oleh bakteri yang ada dalam mulut dan membentuk asam pada gigi. Jumlah asam yang ada pada gigi ini lama kelamaan akan mengurangi dan mengkikis email gigi. Apabila hal ini terjadi secara terus menerus akan menyebabkan gigi berlubang yang memicu timbulnya rasa sakit gigi. Agar tidak bertambah parah, gigi harus ditambal dan jika sudah kondisi nya sangat buruk harus dicabut. Untuk itu cegah gigi berlubang agar tidak berlanjut parah.

Faktor Genetik atau Keturunan

Bukan hanya warna rambut atau warna kulit yang disebabkan karena faktor keturunan. Mengalami gigi berlubang bukan hanya terjadi karena cara menjaga kesehatan gigi saja. Tingkat ketebalan atau kekerasan email pada gigi dapat ditentukan dari keturunan, jadi apabila keluarga kamu yang memiliki email gigi tebal tidak akan mudah terkikis oleh bakteri dari pada gigi orang menjaga kesehatan namun memiliki gigi berlubang atau keropos.

Faktor Usia

Balita mempunyai air liur yang mengandung banyak bakteri, dan bakteri tersebut akan menyerang gigi bayi yang sedang tumbuh sehingga kita kerap menjumpai gigi bayi atau anak berlubang dan keropos. Untuk itu kita harus menanamkan kebiasaan menggosok gigi pada anak yang sudah berumur 1 tahun. Bisa juga untuk anak yang belum mempunyai gigi, cukup sulit memang tapi kita harus menjalankan upaya ini agar anak tumbuh sehat.

Selain anak anak, orang tua juga bisa lebih gampang terserang oleh gigi berlubang. Jumlah air liur dari orang tua akan lebih sedikit, sehingga asam yang terdapat dalam mulut tidak dapat di netralisir secara sempurna. Air liur yang sedikit ini disebabkan karena konsumsi obat obatan penurun darah tinggi yang sering menyerang orang tua.

Merokok

Meskipun tidak haram, aktivitas merokok akan menyebabkan beribu gangguan penyakit dan masalah pada tubuh kita, salah satunya yaitu gigi. Perokok aktif juga lebih gampang terserang masalah gusi bengkak atau gingivitis. Kadungan tembakau yang terdapat pada rokok juga akan mempengaruhi kadar air liur pada mulut, sehingga perokok akan mudah terserang gigi berlubang. Apasih manfaat merokok selain membunuhmu secara perlahan?

Itulah 6 Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang. Bisa kamu simpulkan sendiri langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah atau menghindari gigi rusak atau keropos. Ini merupakan masalah pertama yang akan mengakibatkan penyakit serius lainnya.


ads

Pictures gallery of Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mencegahnya

  • Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang
Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mencegahnya | Adiba Nisa Ardani | 4.5