Inilah 14 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Tanda Kehamilan Awal Ciri Ciri Hamil Muda

Cara Ampuh Mengatasi Rasa Mual Ketika Hamil – Sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja penyebab mual dan ingin muntah saat usia kehamilan pada trimester pertama (3 bulan awal), sekarang kamu bisa membaca bagaimana cara mengatasi masalah morning sickness tersebut? Bukan berarti cara di bawah ini akan menghilangkan rasa mual seterusnya, namun hanya meminimalisir rasa mual agar tidak mengganggu aktivitas harian seorang ibu.

Mengatur Kembali Pola Makan

Saat sebelum mengalami kehamil kamu makan sebanyak tiga atau bahkan lebih banyak, sekarang kamu harus merubah total pola makan yang kamu lakukan. Kunci untuk mencegah rasa mual saat hamil adalah makan dengan porsi sedikit tapi sering. Seperti yang sudah saya jelaskan pada halaman sebelumnya, bahwa proses pencernaan ibu hamil terganggu akibat peningkatan hormon, jadi kamu harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit. Meskipun sedikit, jangan sampai perut kamu kosong dan lapar, hal ini juga akan mengakibatkan asam lambung menjadi naik dan kamu akan mengalami rasa mual serta ingin muntah.

Selain makanan, frekuensi minum ibu hamil juga harus demikian. Jangan sampai kebanyakan karena akan memicu rasa mual, apalagi kekurangan minum yang menyebabkan ibu hamil menjadi dehidrasi dan berdampak buruk bagi kesehatan janin. Susah kan?? Cukup mengatur frekuensi makan dan minum dalam jumlah yang sedikit namun sering, ditambah mengkonsumsi cemilan sehat dan hindari minum minuman dingin.

Duduk Setelah Makan

Cara ini juga sangat dianjurkan dari Rasullullah agar tidak langsung berbaring setelah makan, hal ini juga berlaku bagi wanita yang sedang hamil. Biarkan tubuh kamu merasa rileks, apabila berbaring maka akan menyebabkan proses pencernaan yang tidak lancar sehingga memicu rasa mual dan ingin muntah atau yang biasa disebut dengan morning sickness.

Perhatikan Asupan Gizi Makanan yang Dikonsumsi

Setelah mengatur pola makan, sekarang kita memperhatikan asupan gizi pada ibu hamil. Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang, ubi, singkong, roti maupun biskuit mampu mengatasi rasa mual ketika pagi hari. Jangan lupa untuk mengimbangi nya dengan makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur sayuran (bisa di buat sayur bening/sayur sop) maupun buah buahan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Memakan cemilan biskuit ketika bangun tidur juga bisa mencegah rasa mual atau morning sickness.

Minum Susu Ibu Hamil

Sekarang ini banyak sekali produk susu untuk ibu hamil bahkan sesuai dengan usia kehamilannya. Zat yang terkandung pada susu ibu hamil sangat baik bagi kesehatan ibu maupun janin yang sedang di kandung, dan juga kandungan vitamin B6 pada susu bisa mengurangi rasa mual atau ingin muntah.

Relaksasi dan Olahraga Ringan

Wanita yang sedang hamil bukan berarti harus sangat protektif dan dimanja agar tidak melakukan sesuatu, ini salah besar. Dengan melakukan gerakan gerakan pada olahraga ringan seperti jalan jalan pada pagi atau sore hari akan menjaga kesehatan sang ibu dan juga buah hati yang sedang dikandungnya. Selain itu pikiran menjadi segar dan menghilangkan rasa mual atau morning sickness pada pagi hari.

Membersihkan Mulut dan Gigi

Nah hal ini sering disepelekan oleh ibu hamil yang padahal cukup ampuh dalam mengatasi rasa mual. Sisa makanan pada mulut akan menyebabkan bau yang tidak sedap, padahal wanita hamil sangat peka terhadap bau dan akan menyebabkan rasa mual. Untuk itu berilah jeda 15 menit setelah mengkonsumsi makanan kemudian berkumur menggunakan moothwash agar nafas menjadi segar, dan gosok gigi setelah dan menjelang tidur.

Meminum Olahan Jahe

Selain berguna untuk menghangatkan tubuh, jahe juga cukup ampuh untuk menghilangkan rasa mual yang menyerang wanita hamil. Bahan alami ini bisa di olah menjadi wedang jahe dan juga menjaga kesehatan bagi ibu hamil muda dan juga janin yang ada di kandungannya. Ingat ya olahan jahe asli, buka minuman jahe instan yang dijual di warung warung.

Istirahat yang Cukup & Hindari Stres

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi morning sickness adalah beristirahat yang cukup. Kurangi aktivitas berat kamu dan hindari kegiatan kegiatan yang tidak perlu dilakukan, jika perlu ambil cuti pekerjaan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan. Istirahat disini bukan berarti harus bermalas malasan ya, istirahat agar pikiran fresh dan mengesampingkan beban pikiran yang mengganggu kamu. Perasaan stres, lelah maupun marah akan memicu rasa mual saat hamil pada usia muda (3 bulan pertama). Kunci sukses kesehatan ibu hamil dan buah hati adalah “menghindari stres dan menjaga kondisi tubuh”.

Cukup banyak kan tips mengatasi dan mencegah rasa mual saat hamil muda? Tetap jaga kesehatan, pola makan, perhatikan asupan gizi, dan istirahat merupakan kunci agar ibu hamil sehat hingga trimester akhir dan proses persalinan lancar serta buah hati lahir dengan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *